Sumber: Stock Clips

Groomers, kamu pasti udah tau dong, kabar mengenai ratusan orang yang tertipu lamaran palsu yang mengatasnamakan PT. KAI? Ternyata, bukan hanya itu saja loh kasus penipuan berkedok lamaran pekerjaan yang beredar secara luas. Ada banyak sekali penipuan-penipuan dengan modus seperti ini dan memakan banyak korban. Kalau udah kepepet gaada kerja, pasti apa aja dilakukan dong? Apalagi mendapatkan penawaran menarik dari para penipu yang memberikan banyak iming-iming menggiurkan.

Para pelaku penipuan ini tentu memanfaatkan kondisi sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Penipuan seperti ini biasanya menawarkan suatu kemudahan kepada pelamar kerja. Iming-iming yang diberikan biasanya gaji yang besar, kemudahan mendaftar, atau bahkan langsung bisa mendapat pekerjaan. Daripada nggak kerja, siapa pun pasti tergiur penawaran seperti ini.

Nah, khusus buat kamu nih Groomers, tim Career Grooming akan memberikan ciri-ciri lowongan kerja palsu!

1. Alamat E-Mail dengan Domain Gratisan

Ciri paling umum bahwa perusahaan yang kamu lamar adalah palsu adalah alamat perusahaan menggunakan alamat e-mail dengan domain gratisan. Biasanya, suatu perusahaan akan memiliki domain e-mail dengan sumber terpercaya, seperti .com, .co.id, .org, dan domain-domain lainnya. Tetapi, jika perusahaan tersebut menggunakan domain gratisan seperti @gmail.com atau @yahoo.com, kamu harus lebih berhati-hati Groomers.

Agar kamu sebagai pelamar nggak curiga, oknum penipu juga akan membuat alamat e-mail dengan nama yang mirip dengan nama perusahaan asli. Kalau memang kamu jeli dan sudah terbiasa menggunakan e-mail dan mengirimkan e-mail ke perusahaan, kamu pasti sudah tahu kalau misalnya pengirim e-mail tersebut melakukan penipuan atau tidak.

Bisa jadi sih, perusahaan-perusahaan sekala kecil menggunakan e-mail  dengan domain gratisan. Kalau memang perusahaan kecil, kamu harus lebih lanjut melakukan penelusuran nih Groomers. Kalau misal kamu mendapat e-mail yang mengatasnamakan perusahaan besar seperti perusahaan BUMN dengan domain gratisan, langsung ucapkan bye aja ya Groomers!

  1. Alamat Website (Juga) Gratisan

Kalau mengatasnamakan perusahaan besar, biasanya para oknum penipu mencantumkan website dengan domain gratisan seperti blogspot.com, CMS weebly, wordpress.com, atau domain blog gratisan lainnya untuk dapat meyakinkan kamu bahwa mereka bukanlah penipu. FYI nih Groomers, perusahaan besar biasanya memiliki situs resmi serta media sosial yang menjelaskan profil dan kegiatan perusahaan. Situs yang dimiliki perusahaan resmi juga biasanya menggunakan akhiran .go.id, ac.id, .or.id dan .co.id tanpa embel-embel lainnya. Yang perlu kamu ketahui juga Groomers, perusahaan besar biasanya memiliki recruitment center sendiri secara online.

  1. Lowongan dan undangan Interview Via SMS? Cek Kebenarannya!

Groomers, sekarang kamu udah tau dong, ciri-ciri mana website resmi perusahaan dengan website perusahaan palsu? Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan agar tidak tertipu adalah hindari mengirim SMS ke nomor apapun yang ada di dalam website abal-abal. Hari gini, nggak ada guys perusahaan yang menerima pelamar pekerjaan hanya dengan menggunakan SMS.

Kalau misalnya kamu tiba-tiba mendapat SMS terkait penerimaan kerja, kamu harus inget-inget lagi nih, kamu pernah nggak melamar pekerjaan di perusahaan itu. Biasanya, respon perusahaan akan sangat cepat. Modus lainnya adalah SMS yang berisi panggilan interview tanpa kamu mengirimkan berkas terlebih dahulu. Kebanyakan perusahaan mengharuskan pelamar untuk mengirimkan berkas lamaran terlebih dahulu, sebelum akhirnya di seleksi dan dianggap pantas untuk mengikuti proses interview.

  1. Membujuk Pelamar

Kalau kamu sudah pernah melamar dan mengikuti proses interview atau psikotest, kamu pasti menyadari bahwa pihak HRD perusahaan biasanya melakukan proses perekrutan kerja dengan resmi. Demi mendapatkan pegawai yang berkualitas, perusahaan pasti mengikuti prosedur dan standar yang sudah ditetapkan untuk melakukan rekrutmen. HRD dari perusahaan terpercaya tidak akan pernah bersusah payah untuk membujuk pelamar agar mau bergabung di perusahaan mereka.

Kalau misalnya ada HRD perusahaan yang memohon kepada kamu untuk bergabung dengan mereka, kamu harus berhati-hati Groomers. Pihak HRD perusahaan tidak akan pernah bertindak konyol di hadapan para pelamar dengan cara memohon-mohon untuk bersedia bergabung dengan mereka, karena hal ini akan menurunkan nilai jual perusahaaan.

Wajarnya, kalau misalnya kamu menolak untuk bergabung, pihak HRD juga tidak akan mempermasalahkan karena masih banyak pelamar yang bisa diseleksi untuk bergabung di perusahaan mereka.

  1. Lokasi Wawancara yang Gak Masuk Akal

Sebelum mendatangi lokasi wawancara, ada baiknya kamu memperhatikan secara detil mengenai tempat wawancara. Pada umumnya, proses interview kerja dilakukan langsung di perusahaan yang bersangkutan atau di tempat-tempat formal lainnya. Sebelum pergi wawancara kamu juga sebaiknya mngecek lokasi wawancara lewat website resmi perusahaan. Apabila lokasi pelaksanaan wawancara dilakukan di tempat yang tidak sesuai alamat perusahaan, lebih baik kamu ga usah dateng Groomers untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

  1. Menawarkan Gaji Selangit

Pelamar kerja mana sih yang gak seneng kalau ditawarin gaji tinggi? Siapa pun pasti bakalan senang. Tapi, harus kamu perhatikan Groomers. Perusahaan ga pernah menjanjikan gaji yang besar untuk pegawai yang baru bekerja. Kalau kamu udah kerja beberapa tahun nih, bisa jadi deh tuh kamu merasakan kenaikan gaji. Kalau misalnya perusahaan mengiming-iming gaji sangat besar untuk kamu, jangan langsung percaya deh!

  1. Inti Penipuan: Meminta Uang

Dari semua usaha yang dilakukan oknum penipu seperti sudah dijelaskan diatas, tujuan utamanya adalah yang satu ini, minta uang! Kalau misalnya yang merekrut kamu adalah perusahaan resmi, mereka sama sekali gak akan  memungut biaya sepeser pun dari pelamar. Kalau misalnya kamu dikenakan biaya tertentu oleh perusahaan yang dilamar demi kelancaran proses rekrutmen, kamu harus berhati-hati. Jangan sampai mau cari kerja malah buntung.

Nah, itu dia Groomers beberapa ciri penipuan berkedok lamaran pekerjaan palsu. Jangan sampai, niat mulia kamu mencari kerja malah mendatangkan petaka untuk dirimu sendiri ya Groomers!

Dirangkum dari beberapa sumber.